Kompetensi Dasar (KD) merupakan kemampuan Peserta Didik yang menjadi syarat untuk menguasai Kompetensi Inti (KI) yang harus dicapai melalui proses pembelajaran.
Taksonomi dapat dimaknai sebagai seperangkat prinsip klasifikasi atau struktur dan kategori ranah kemampuan terkait perilaku siswa/peserta didik yang terbagi kedalam ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Pembagian ranah perilaku belajar digunakan untuk mengukur perubahan perilaku siswa/ peserta didik dari mulai proses belajar sampai pencapaian hasil belajar tersebut.
Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) ini ditentukan oleh pemerintah, sehingga guru tidak lagi merumuskan KI dan KD tersebut.
Guru hanya menganalisis KI dan KD tersebut untuk menyusun Silabus masing-masing pelajaran. Silabus ini yang menjadi acuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk setiap Mata Pelajaranya.
Mata Pelajaran : Simulasi dan Komunikasi Digital | |
Jam Pelajaran : 108 JP (@45 menit) | |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
3.1 Menerapkan logika dan algoritma komputer | 4.1 Menggunakan fungsi-fungsi perintah (Command) |
3.2 Menerapkan metode peta- minda | 4.2 Membuat peta-minda |
3.3 Mengevaluasi paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif | 4.3 Menyusun kembali format dokumen pengolah kata |
3.4 Menerapkan logika dan operasi perhitungan data | 4.4 Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka |
3.5 Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide | 4.5 Membuat slide untuk presentasi |
3.6 Menerapkan teknik presentasi yang efektif | 4.6 Melakukan presentasi yang efektif |
3.7 Menganalisis pembuatan e- book | 4.7 Membuat e-book dengan perangkat lunak e-book editor |
3.8 Memahami konsep Kewargaan Digital | 4.8 Merumuskan etika Kewargaan Digital |
3.9 Menerapkan teknik penelusuran Search Engine | 4.9 Melakukan penelusuran informasi |
3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan | 4.10 Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan |
3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring | 4.11 Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya) |
3.12 Merancang dokumen tahap pra-produksi | 4.12 Membuat dokumen tahap pra- produksi |
3.13 Menganalisis produksi video, animasi dan/atau musik digital | 4.13 Memroduksi video dan/atau animasi dan/atau musik digital |
3.14 Mengevaluasi pasca-produksi video, animasi dan/atau musik digital | 4.14 Membuat laporan hasil pasca-produksi |
0 Comments