Kompetensi Dasar (KD) merupakan kemampuan Peserta Didik yang menjadi syarat untuk menguasai Kompetensi Inti (KI) yang harus dicapai melalui proses pembelajaran. 






Kompetensi Dasar (KD) ini adalah tingkat kemampuan dalam muatan pembelajaran serta perkembangan belajar siswa/ peserta didik yang dikembangkan berdasarkan Taksonomi hasil belajar.

Taksonomi dapat dimaknai sebagai seperangkat prinsip klasifikasi atau struktur dan kategori ranah kemampuan terkait perilaku siswa/peserta didik yang terbagi kedalam ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. 

Pembagian ranah perilaku belajar digunakan untuk mengukur perubahan perilaku siswa/ peserta didik dari mulai proses belajar sampai pencapaian hasil belajar tersebut.

Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) ini ditentukan oleh pemerintah, sehingga guru tidak lagi merumuskan KI dan KD tersebut. 

Guru hanya menganalisis KI dan KD tersebut untuk menyusun Silabus masing-masing pelajaran. Silabus ini yang menjadi acuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk setiap Mata Pelajaranya.


Mata Pelajaran : Simulasi dan Komunikasi Digital
Jam Pelajaran   : 108 JP (@45 menit)
KOMPETENSI DASARKOMPETENSI DASAR
3.1 Menerapkan logika dan algoritma komputer4.1 Menggunakan fungsi-fungsi perintah (Command)
3.2 Menerapkan metode peta- minda4.2 Membuat peta-minda
3.3 Mengevaluasi paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif4.3 Menyusun kembali format dokumen pengolah kata
3.4 Menerapkan logika dan operasi perhitungan data4.4 Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka
3.5 Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide4.5 Membuat slide untuk presentasi
3.6 Menerapkan teknik presentasi yang efektif4.6 Melakukan presentasi yang efektif
3.7 Menganalisis pembuatan e- book4.7 Membuat e-book dengan perangkat lunak e-book editor
3.8 Memahami konsep Kewargaan Digital4.8 Merumuskan etika Kewargaan Digital
3.9 Menerapkan teknik penelusuran Search Engine4.9 Melakukan penelusuran informasi
3.10  Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan4.10  Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
3.11  Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring4.11  Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya)
3.12  Merancang dokumen tahap pra-produksi4.12  Membuat dokumen tahap pra- produksi
3.13  Menganalisis produksi video, animasi dan/atau musik digital4.13  Memroduksi video dan/atau animasi dan/atau musik digital
3.14  Mengevaluasi pasca-produksi video, animasi dan/atau musik digital4.14  Membuat laporan hasil pasca-produksi